MAKALAH BIOGAS DARI KOTORAN SAPI PDF

Makalah Biogas Sampah Organik. makalah. Biogas · Makalah Pembangkit Listrik Tenaga Biogas. dreqwerty. Biogas Ternak. PKM biogas ternak. Estudio Biogas. Ilmu Ternak: Makalah Pembuatan Briket Dari Kotoran TernakOleh karena itu penting sekali bagi kita untuk bisa menciptakan briket kotoran ternak beserta alat . cara membuat biogas dari kotoran sapi lebih optimal dan kotoran ternak yang . View PB from INDONESIA at SMAN 3 Pekanbaru. Studi Potensi Biogas dari Kotoran Ternak Sapi sebagai Energi Alternatif untuk Penerangan 1.

Author: Tojarisar Sashura
Country: Denmark
Language: English (Spanish)
Genre: Personal Growth
Published (Last): 21 September 2016
Pages: 402
PDF File Size: 10.11 Mb
ePub File Size: 18.4 Mb
ISBN: 451-2-29820-708-3
Downloads: 10751
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Sale

Makalah Biogas Home Makalah Biogas. Makalah Biogas maklah biogas. Makalah Biogas Sampah Organik makalah. Makalah Pembangkit Listrik Tenaga Biogas dreqwerty. Biogas Production produksi biogas.

Biogas Ternak PKM biogas ternak. Biogas Plants Date privind linia biogazului in statiile de epurare si tratare a apei uzate. Design of Biogas Plant Biogas plant design. Biogas jotoran Bolivia manual. Tak lupa pula shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, kepada para keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya sampai akhir zaman.

Selama penyusunan karya tulis ini tentunya hambatan selalu mengiringi, namun, masukan, saran, bimbingan, dorongan, dan bantuan dari berbagai pihak membuat semua hambatan dalam penyusunan hasil karya ini dapat teratasi.

Hasil karya ini dibuat dengan tujuan sebagai informasi serta menambah wawasan khususnya mengenai teknologi ramah lingkungan yang sangat dibutuhkan pada saat sekarang ini. Karena, bumi ini semakin tua semakin pula sakit akibat aktivitas manusia yang semakin tidak ramah dengan alam. Akibatnya banyak sekali komponen alam yang biofas maupun rusak akibat dari aktivitas manusia.

Itulah sedikit gambaran dari hasil karya yang telah kami selesaikan ini. Tak ada gading yang tak retak. Demikian pula, taka ada karya yang sempurna.

makalah alat pengaduk kotoran ternak dan sapi

Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran untuk kemajuan hasil karya ini di masa mendatang. Akhir kata, kami selaku penyusun maklaah agar semua yang tersaji dalam karya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi kit semua.

Hal ini disebabkan karena kotorn dan pengolahan limbah tersebut kurang serius. Berbagai teknik pengolahan limbah, baik ddari maupun padat untuk menyisihkan bahan polutannya adri telah dicoba dan dikembangankan selama ini belum memberikan hasil yang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka ootoran suatu metode penanganan limbah yang tepat, terarah dan berkelanjutan. Salah satu metode yang dapat diaplikasikan adalah dengan cara BIOPROSES, yaitu mengolah limbah organik baik cair maupun organik secara biologis menjadi biogas dan produk alternatif lainnya seperti sumber etanol dan methanol.

Biogas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik sangat populer digunakan untuk mengolah limbah biodegradable karena bahan bakar dapat dihasilkan sambil menghancurkan bakteri patogen dan sekaligus mengurangi volume limbah kptoran.

Metana dalam biogas, bila terbakar akan relatif lebih bersih daripada batu bara, dan menghasilkan energi yang lebih besar dengan emisi karbon dioksida yang lebih sedikit. Pemanfaatan biogas memegang peranan penting dalam manajemen limbah karena metana merupakan gas rumah kaca yang lebih berbahaya dalam pemanasan global bila dibandingkan dengan karbon dioksida.

Karbon dalam biogas merupakan karbon yang diambil dari atmosfer oleh fotosintesis kotorran, sehingga bila dilepaskan lagi ke atmosfer tidak akan menambah jumlah karbon di atmosfer bila dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil.

Saat ini, banyak negara maju yang meningkatkan penggunaan biogas yang dihasilkan baik dari limbah cair maupun limbah padat atau 1 yang dihasilkan dari sistem pengolahan biologi mekanis pada tempat pengolahan limbah. Teknologi pengolahan limbah baik cair maupun padat merupakan kunci dalam memelihara kelestarian lingkungan.

  FILES59 NITRO PDF

Apapun macam teknologi pengolahan limbah cair dan limbah padat, baik domestik maupun industri yang dibangun harus dapat dioperasikan dan dipelihara masyarakat setempat. Jadi teknologi yang dipilih harus sesuai dengan kemampuan teknologi masyarakat yang bersangkutan. Apakah yang dati dengan biogas? Apa sajakah kandungan dari biogas?

Bagaimanakah cara untuk mengolah limbah tahu, eceng gondok dan kotoran? Apa sajakah kelebihan dan kekurangan biogas? Mengetahui proses pembuatan biogas limbah tahu, eceng gondok dan kotoran. Untuk lingkungan, dengan pembuatan biogas, maka lingkungan tidak menjadi rusak. Untuk masyarakat, dapat meringankan beban karena biogas merupakan alternatif bahan bakar yang lebih murah. Untuk siswa, dapat digunakan sebagai pembelajaran tentang pembuatan teknologi ramah lingkungan dan juga dapat melatih jiwa kewirausahaan.

Makalah Biogas

Untuk pemerintah, dengan adanya biogas, maka dapat mengurangi berbagai macam permasalahan yang dihadapi terhadap kerusakan lingkungan. Pada umumnya semua jenis bahan organik bisa diproses untuk menghasilkan biogas, saip demikian hanya bahan organik padat, cair homogen seperti kotoran dan urine air kencing hewan ternak cocok untuk sistem biogas sederhana. Di daerah yang banyak industri pemrosesan makaan antara lain tahu, tempe, ikan, pindang atau brem bisa menyatukan saluran limbahnya ke dalam sistem biogas, sehingga limbah industri tersebut tidak mencemari lingkungan di sekitarnya.

Hal ini memungkinkan karena limbah industri tersebut diatas berasal dari bahan organik yang homogen. Bahan bakar biogas tidak menghasilkan asap merupakan suatu pengganti yang unggul untuk menggantikan bahan bakar minyak atau gas alam.

Makalah Biogas – PDF Free Download

Gas ini dihasilkan dalam proses yang disebut pencernaan anaerob, merupakan gas campuran metan CH4karbondioksida CO2dan sejumlah kecil nitrogen, amonia, sulfur dioksida, hidrogen sulfida, dan hidrogen.

Secara alami, gas ini terbentuk pada limbah pembuangan air, tumpukan sampah, dasar danau atau rawa. Mamalia termasuk manusia menghasilkan biogas dalam sistem pencernaannya, bakteri dalam sistem pencernaan menghasilkan biogas untuk proses mencerna selulosa.

Biomassa yang mengandung kadar air yang tinggi seperti kotoran hewan dan limbah pengolahan pangan cocok digunakan untuk bahan baku pembuatan biogas. Limbah peternakan merupakan salah satu sumber bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan biogas, sementara perkembangan atau pertumbuhan industri peternakan menimbulkan masalah bagi lingkungan karena menumpuknya limbah peternakan.

Di banyak negara berkembang kotoran ternak, limbah pertanian, dan kayu bakar digunakan sebagai bahan bakar. Hal inilah yang menjadi perhatian karena emisi metan dan karbondioksida yang menyebabkan efek rumah kaca dan mempengaruhi perubahan iklim global. Jika dilihat dari segi pengolahan limbah, proses anaerob juga memberikan beberapa keuntungan yaitu menurunkan nilai COD dan BOD, total solid, volatile solid, nitrogen nitrat, dan nitrogen organik.

Bakteri caliform dan patogen lainnya, telur insek, parasit, bau juga dihilangkan atau menurun. Di daerah pedesaan yang tidak terjangkau listrik, penggunaan biogas memungkinkan untuk belajar dan melakukan kegiatan komunitas di malam hari. Kesetaraan biogas dengan sumber energi lain dapat dilihat pada tabel berikut.

Komposisi biogas bervariasi tergantung dengan asal proses anaerobik yang terjadi. Pada literature lain komposisi biogas secara umum ditampilkan dalam tabel berikut: Limbah dan hasil produksi: Bakteri ini secara alami terdapat dalam limbah yang mengandung bahan organik, seperti kotoran binatang, manusia, dan sampah organik rumah tangga.

Proses anaerob dapat berlangsung di bawah kondisi lingkungan yang luas meskipun proses yang optimal hanya terjadi pada kondisi yang terbatas. Hidrolisis, pada tahap ini terjadi penguraian bahan-bahan organik mudah larut dan pencernaan bahan organik kompleks menjadi sederhana; b. Pengasaman, pada tahap pengasaman komponen monomer yang terbentuk pada tahap hidrolisis akan menjadi bahan makanan bakteri asam.

Produk akhir dari perombakan gula-gula sederhana ini yaitu asam asetat, propionat, format, laktat, alkohol, dan sedikit butirat, gas karbondioksida, hidrogen dan amonia. Metanogenik, pada tahap ini terjadi proses pembentukan gas metan. Bakteri pereduksi sulfat juga terdapat dalam proses ini, yaitu untuk mereduksi sulfat dan komponen sulfur lainnya menjadi hidrogen sulfida. Bakteri metanogenik akan menghasilkan biogas yang bagus kandungan gas metan tinggi pada suhu 25oo C. Di dalam digester biogas terdapat dua jenis bakteri yang sangat berperan yaitu bakteri asidogenik dan bakteri metanogenik.

  CATALOGO DE INTERCERAMIC 2013 PDF

Kedua bakteri ini harus dipertahankan jumlahnya seimbang.

Bakteri-bakteri inilah yang merubah bahan organik menjadi gas metan dan gas lainnya dalam siklus hidupnya. Sebagai contoh komposisi biogas dapat dilihat pada Table 1. Kegagalan proses pencernaan anaerobik dalam digester biogas bisa dikarenakan tidak seimbangnya populasi bakteri metanogenik terhadap bakteri asam yang menyebabkan lingkungan menjadi sangat asam pH kurang dari 7 yang selanjutnya menghambat kelangsungan hidup bakteri metanogenik.

Kondisi keasaman yang optimal pada pencernaan anaerobik yaitu sekitar pH 6,8 sampai 8, laju pencernaan akan menurun pada kondisi pH yang lebih tinggi kltoran rendah. Bakteri yang terlibat dalam proses anaerobik membutuhkan beberapa elemen sesuai dengan kebutuhan organisme hidup seperti sumber makanan dan kondisi mxkalah yang optimum.

Bakteri anaerob mengkonsumsi karbon sekitar 30 kali lebih cepat dibanding nitrogen. Jika pH lebih tinggi dari 8,5 akan menunjukkan pengaruh negatif pada populasi bakteri metanogen.

Untuk limbah kotoran sapi segar dibutuhkan pengenceran 1: Jenis Kotoran Produksi Gas per Kg m3 0.

Secara umum terdapat dua teknologi yang digunakan untuk memperoleh biogas. Pertama, proses yang sangat umum yaitu fermentasi kotoran ternak menggunakan digester yang didesain khusus dalam kondisi anaerob.

Kedua, teknologi yang baru dikembangkan yaitu dengan menangkap langsung gas metan dari lokasi tumpukan sampah tanpa harus membuat digester khusus.

Peralatan dan proses pengolahan dan pemanfaatan biogas ditampilkan pada gambar berikut. Keuntungan pengolahan limbah a. Digester anaerobik merupakan proses pengolahan limbah yang alami b.

Membutuhkan lahan yang lebih kecil dibandingkan dengan proses kompos aerobik ataupun penumpukan sampah c. Memperkecil volume sxpi berat limbah yang dibuang d.

Memperkecil rembesan polutan 2. Proses produksi energi bersih b. Memperoleh bahan bakar berkualitas tinggi dan dapat diperbaharui c.

Biogas dapat dipergunakan untuk berbagai penggunaan 10 3. Menurunkan emisi gas metan dan karbondioksida secara signifikan b. Menghasilkan kompos yang bersih dan pupuk yang kaya nutrisi d. Memaksimalkan proses daur ulang e. Keuntungan ekonomi Lebih ekonomis dibandingkan dengan proses lainnya ditinjau dari siklus ulang proses Bagian utama dari proses produksi biogas yaitu tangki tertutup yang disebut digester.

Desain digester bermacam-macam sesuai dengan jenis bahan baku yang digunakan, temperatur yang dipakai dan bahan konstruksi. Digester dapat terbuat dari cor beton, baja, bata atau plastik dan bentuknya dapat berupa seperti silo, bak, kolam dan dapat diletakkan di bawah tanah.

Sedangkan untuk ukurannya bervariasi dari m3. Biogas dengan ukuran terkecil dapat dioperasikan dengan kotoran ternak 3 ekor sapi, 7 ekor babi atau ekor unggas. Cara Pembuatan Pengolahan kotoran ternak menjadi biogas selain menghasilkan gas metan untuk memasak juga mengurangi pencemaran lingkungan, menghasilkan pupuk organik padat dan pupuk organik cair dan yang lebih penting lagi adalah mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian bahan bakar minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui.

Mencampur jakalah ternak dengan air sampai terbentuk lumpur dengan perbandingan 1: